cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
JOSIKOM adalah Jurnal Online Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali yang memuat artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dosen dan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi STMIK STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015)" : 13 Documents clear
AUGMENTED REALITY PENGENALAN SENJATA DEWATA NAWA SANGA BERBASIS ANDROID P ARIMBAWA, A.A. GD DARMA; Ahmadi, Candra; Agung Sugiartha, I Gusti Rai
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Senjata Dewata Nawa Sanga Berbasis Mobile ini merupakan inovasi baru dalam perkembangan aplikasi mobile yang berisikan tentang pengenalan kesembilan Senjata Dewata Nawa Sanga yang berupa objek 3D. Dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality Pengenalan Senjata Dewata Nawa Sanga ini,menggunakan media berupa aplikasi Unity 3D dan Vuforia. Unity 3D berisi editor untuk membangun/mendesain materi dari suatu aplikasi dan Vuforia sebagai library marker. Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku yang berisikan informasi tentang  Senjata Dewata Nawa Sanga dan Aplikasi Augmented Reality yang diinstal pada smartphone android yang mampu menampilkan setiap objek 3D dari Senjata Dewata Nawa Sanga. Aplikasi  ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan Senjata Dewata Nawa Sanga. Kata kunci: Aplikasi android, Buku Augmented Reality, Senjata Dewata Nawa Sanga, Unity 3D, Vuforia. 
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGELUARAN BIAYA KEGIATAN PROYEK PEMBANGUNAN PADA CV.AMARTHA BERBASIS WEB DAN MOBILE Widyowati, Eka Agustina; Setia Buana, I Komang; Budiarta, Komang
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

CV.Amartha merupakan perusahaan yang bergerak dalam kegiatan proyek pembangunan. CV. Amartha juga bekerja sama dengan perusahaan kontraktor lainnya, maka dari itu menurut penuturan pemilik perusahaan CV. Amartha banyak kendala yang dihadapi dalam memanajemen pengeluaran biaya kegiatan proyek pembangunan. Banyaknya kegiatan proyek pembangunan dan jarak yag berjauhan antar kegiatan membuat perusahaan mengalami kesusahan dalam merinci setiap pengeluaran. Oleh karena itu dibuatlah sistem manajemen pengeluaran biaya kegiatan proyek pembangunan yang berbasis web  dan mobile untuk memudahkan dalam pencatatan rincian pengeluaran biaya di setiap lokasi kegiatan proyek. Dalam sistem yang berbasis web semua data rincian pengeluaran diolah sedangkan pada sistem yang berbasis mobile hanya dapat melihat data kegiatan proyek yang ada dan menginputkan setiap rincian pengeluaran. Sistem manajemen ini dirancang menggunakan DFD (Data Flow Digram) pada sistem web dan UML (Unified Modeling Language) pada sistem mobile. Hasil dari sistem ini adalah laporan data pencatatan pengeluaran biaya pembelian material dan pembayaran upah tenaga kerja yang dapat dikategorikan berdasarkan beberapa field. Dan sistem ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam melakukan manajemen pengeluaran biaya kegiatan proyek pembangunan. Kata kunci : Sistem manajemen, DFD (Data Flow  Diagram), UML (Unified Modeling Language).
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PERKEBUNAN BUAH KAKAO TERHADAP HASIL PRODUKSI DI DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNANKAB. TABANAN MENGGUNAKAN METODE ELECTRE PUTRA, NOVA SUBAWA; Hanief S.Kom MT, Shofwan Hanief; AgustinoS.Kom, Dedy Panji
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam membangun suatu aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menentukan perkebunan kakao terhadap hasil produksi di dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tabanan. Di mana Dinas Kehutanan masih belum dapat menentukan lokasi perkebunan kakao yang sesuai terutama di daerah Tabanan.Sebelum suatu keputusan diambil maka akan dilakukan suatu proses, sehingga didapat suatu keputusan yang cepat, tepat dan akurat. Metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan menentukan perkebunan kakao ini adalah Electra Adapun sistem ini dibuat dengan menggunakan PHP dan Database untuk pengolahan data menggunakan MySQL. Pada skripsi ini sistem pendukung keputusan berbasis web menggunakan metode Electre karena mampu menganalisa kriteria dan alternative yang dibandingkan dan dapat memberikan rekomendasi penentuan perkebunana kakao pada user yang tepat sesuai dengan kriteria dan alternatif yang dibandingkan dan dapat memberikan nilai akhir berupa lokasi yang cocok dengan inputan user.Kata Kunci : Menentukan Lokasi, Sistem Pendukung Keputusan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Tabanan, Metode Electre, Web    
Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Gerakan Dasar Tari Bali Berbasis Android RIKA WIJAYA, I PUTU; Ahmadi, Candra; Sri Melati, I Gusti Ayu
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Gerakan Dasar Tari Bali                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Berbasis Android ini, merupakan inovasi baru dalam perkembangan aplikasi mobile yang berisikan tentang gerakan dasar tari Bali berupa objek 3D yang berisiskan animasi. Dalam pembuatan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Gerakan Dasar Tari Bali Berbasis Android ini, menggunakan media berupa aplikasi Unity 3D dan Vuforia. Unity 3D berisi atas editor untuk membangun atau mendesign materi dari suatu aplikasi dan Vuforia sebagai library marker.Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku yang berisikan informasi dan gambar yang terkait  dari gerakan dasar tari Bali yang difungsikan sebagai marker dan Aplikasi Augmented Reality yang diinstal pada smartphone android yang mampu menampilkan bagian dari gerakan objek 3D. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan gerakan dasar tari Bali pada masyarakat. Ini juga dapat membantu masyarakat untuk mempelajari gerakan dasar tari Bali dimanapun dan kapanpun yang sering kali susah untuk dipelajari tanpa adanya guru atau instruktur karena masalah waktu dan tempat yang susah di tentukan. Kata kunci: Aplikasi Mobile, Buku Augmented Reality, Gerakan Dasar Tari Bali, Unity 3D, Vuforia.
ANIMASI 2D INTERAKTIF CERITA RAKYAT ASAL MULA SELAT BALI Pratama, P.T. Eka Yudhi; Susila, I Made Darma; Harsemadi, I Gede
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.792 KB)

Abstract

Multimedia interaktif merupakan multimedia yang didalamnya dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh penggunanya. Sehingga pengguna dapat memilih apa saja yang dikehendaki untuk menuju ke proses selanjutnya. Multimedia interaktif dapat diajadikan sebagai sarana pembelajaran serta sarana interaksi antara user dengan program aplikasi. Salah satu pemanfaatan multimedia interaktif dapat digunakan dalam pembuatan aplikasi mengenai cerita rakyat, dongeng , dan lain sebagainya. Cerita rakyat interaktif merupakan salah satu cara yang menarik untuk menikmati suatu cerita. Perlunya pelestarian terhadap cerita rakyat Bali karena cerita rakyat Bali merupakan salah satu kekayaan seni dan budaya pulau Bali. Salah satu cara pengenalan cerita Bali kepada masyarakat adalah leat media informasi berupa anmiasi 2D. Proses awal perancangan animasi dimulai dengan menentukan ide, membuat storyboard, membuat objek animasi, pembuatan animasi, pemberian dubbing narasi , backsound dan rendereing. Perancangan ini akan menghasilkan animasi 2D interaktif cerita rakyat asal mula selat Bali. Hasil kuesioner terhadap 20 responden mengenai tampilan dan penggunaan animasi 2D, mayoritas responden mengatakan tampilan animasi 2D sudah menarik dan mudah untuk digunakan
PERANCANGAN ANIMASI MENGGUNAKAN TEKNIK 2D HYBRID ANIMATION PADA PENGOLAHAN TANAMAN TEH BERBASIS MOBILE Wirasuta, Kadek; Liandana, Made Liandana; Sarjana, I Made
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengolahan tanaman teh hingga menjadi olahan minuman melewati proses yang panjang. Tanaman teh mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, karena teh mengandung banyak polyphenol yang memiliki efek bagus untuk kesehatan terutama mencegah kanker, Mencegah penyakit jantung, menekan darah tinggi serta dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Namun, kurangnya informasi mengenai tanaman teh seperti sejarah teh, pengolahan teh serta manfaat mengkonsumsi teh. Salah satu cara pengenalan tanaman teh kepada masyarakat adalah lewat media informasi berupa Aplikasi Pengolahan teh, di dalam aplikasi terdapat informasi berupa video animasi 2D. Proses awal perancangan animasi dimulai dengan menentukan ide, membuat storyboard, membuat objek animasi, pembuatan animasi, pemberian dubbing dan tahap akhirnya berupa rendering. Perancangan ini akan menghasilkan animasi 2D pengolahan tanaman teh dengan menggunakan teknik 2D Hybrid Animation serta aplikasi media interaktif pengolahan tanaman teh. Hasil kuesioner terhadap 20 responden mengenai tampilan dan penggunaan animasi 2D serta aplikasi tanaman teh, mayoritas responden berpendapat tampilan animasi 2D dan aplikasi sudah menarik dan mudah untuk digunakan
SISTEM INFORMASI JASA PENJAHIT BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY PADA ATAAHAIFA TAILOR Rustamaji, Abdullah; Rinartha, Komang; Adnyana, I Made Budi
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1817.694 KB)

Abstract

SMS Gateway adalah sebuah sistem yang mamanfaatkan layanan SMS yang dapat dikembangkan dalam berbagai bidang dan dapat menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pada AtaaHaifa Tailor para pelanggannya sering mengeluh sulitnya mengecek status jahitan mereka, mereka harus melakukan panggilan telephone dan terkadang harus datang langsung ke tempat AtaaHaifa Tailor. Dari masalah yang dikeluhkan oleh para pelanggan maka AtaaHaifa Tailor membangun sebuah system informasi jasa penjahit berbasis Web dan SMS Gateway dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Gammu sebagai service untuk SMS. Perancangan sistem menggunakan pemodelan berorientasi terstruktur yang dibantu dengan Data Flow Diagram ( DFD ) model Gene Serson dan Entity Reliationship Diagram ( ERD ) model Peter Chen. Dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, MySql sebagai database penyimpanan dan Gammu sebagai service penghubung ke layanan SMS
Corporate Identity STIKES WIRA MEDIKA PPNI Bali Indah, Hene Nor; Hostiadi, Dandy Pramana; Harsemadi, I Gede
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Corporate identity STIKES WIRA MEDIKA PPNI BALI merupakan sebuah media visual yang berfungsi sebagai penguat jati diri bagi STIKES WIRA MEDIKA PPNI Bali. Corporate identity ini berisi penjelasan desain logo mulai dari konsep pembuatan logo, elemen logo, warna yang digunakan pada logo, arti logo, aplikasi dua warna, kesalahan pada logo, dan tipe huruf yang dipakai. Selain itu terdapat juga desain aplikasi lainnya seperti seragam, marchendise, alat transportasi dan lain-lain. Semua desain tersebut akan dirangkum dalam sebuah brandbook. Selain brandbook aplikasi lain yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah aplikasi desktop, android, web admin dan video profil. Aplikasi desktop dan android memiliki fungsi sebagai media penyampaian informasi STIKES WIRA MEDIKA PPNI Bali. Web admin memiliki fungsi sebagai media untuk maintenance data dari aplikasi desktop dan android. Video profil akan berisi gambaran dari visi dan misi, sarana dan prasana serta proses belajar di STIKES WIRA MEDIKA PPNI Bali.
Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web pada Universitas Pendidikan Ganesha Udayana, Ketut Wira; Crisnapati, Padma Nyoman; Sumiari, Ni Kadek
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (917.19 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah a) membangun sistem informasi eksekutif untuk memperoleh informasi penting berupa umpan balik alumni sebagai perbaikan, pengembangan sistem dan pengelolaan perguruan tinggi dari segi fasilitas, pola pengajaran dan pembelajaran, proses, serta pelayanan, dan b) membantu perguruan tinggi dalam proses akreditasi baik nasional maupun internasional. Pentingnya data alumni sebagai salah satu tolak ukur kualitas suatu perguruan tinggi mengharuskan lembaga untuk memilki sistem pendataan data alumni yang sistematis, cepat, akurat, up to date, dan praktis. Oleh karena itu, peneliti mendesain pengumpulan data alumni dengan tracer study berbasis web yang diterapkan pada Universitas Pendidikan Ganesha. Pengumpulan data alumni dengan sistem informasi tracer study berbasis web lebih praktis, efektif dan efisien sehingga kelemahan pengumpulan data secara manual dapat diatasi. Pada sistem ini, admin membuat sistem informasi tracer study berbasis web yang akan diisi oleh alumni bersangkutan sesuai dengan prosedur yang telah dicantumkan sehingga seluruh alumni dapat mengakses kapanpun dan dimanapun berada. Hasil tracer study berupa laporan statistik data alumni yang dapat dianalisis sesuai dengan kebutuhan lembaga
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN BARU PADA PT. CHAROEN POKPHAND MENGGUNAKAN METODE SCORING SYSTEM Iskumaladewi, Yunilasari Anissa; Rusli, Muhammad; Hadi, Rosalia
JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : JOSINFO : Jurnal Online Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.703 KB)

Abstract

Seleksi Penerimaan Karyawan adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk memperoleh calon karyawan baru dalam menduduki suatu jabatan. Selama ini PT. Charoen Pookhand Surabaya masih menggunakan cara manual dalam melakukan proses seleksi calon karyawan baru. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan penyelesaian dengan menggunakan metode yang sesuai sehingga dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan, salah satunya dengan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru menggunakan Metode Scoring System bertujuan memberikan alternatif yang tepat untuk pihak departemen sumber daya manusia. Penggunaan metode Scoring System dapat menyajikan data yang berbentuk data kualitatif menjadi data yang kuantitatif dalam proses penilaian sehingga dapat menghasilkan calon karyawan baru yang sesuai dengan kriteria.

Page 1 of 2 | Total Record : 13